Setiap Grup Ketat, Piala Dunia 2014 Brasil Akan Jadi Tontonan Berkelas

Hasil gambar untuk piala dunia 2014
"Memangnya kenapa bila kami se grup dengan Italia dan Uruguay? jika kami ingin jadi yang terbaik maka kami harus mengalahkan yang terbaik juga" demikian komentar penuh optimis dari Wayne Rooney, striker Inggris saat mengetahui Inggris berada dalam grup yang dijuluki sebagai grup neraka dalam undian pembagian grup piala dunia 2014.

Sejatinya setiap tim yang tampil di ajang piala dunia adalah tim-tim terbaik yang telah lolos dari ketatnya pertarungan di fase kualifikasi. So, setidaknya setiap tim yang tampil adalah perwakilan terbaik dari setiap zona (pengecualian untuk Oceania yang gagal mengirimkan wakilnya).

Jika melihat dari sejarah, gengsi dan jumlah pemain bintang yang berada di satu tim, sangat wajar jika grup D tempat Italia, Uruguay dan Inggris berada dijuluki sebagai grup neraka alias grup yang sangat ketat persaingannya.
Namun sesungguhnya setiap grup dalam piala dunia 2014 nanti menjanjikan laga-laga super ketat nan emosional yang layak untuk ditonton.

Tidak percaya? mari kita ulas satu persatu.

Grup A (Brasil, Kroasia, Meksiko, Kamerun)
Brasil mendapatkan grup yang ringan? tidak juga!
Beranikah anda memprediksi bahwa Brasil akan dengan mudah melibas Kroasia yang diperkuat salah satu galacticos di Real Madrid, Luka Modrid?
Jangan lupakan juga  Mario Mandzukic si pemenang treble Liga Champion, Liga Jerman dan Piala Jerman bersama Bayer Muenchen.
Perhatikan pula Meksiko bersama striker Manchester United Javier " Chicharito" Hernandez yang sering merepotkan tim-tim Amerika Latin dalam gelaran Copa America.
Dan kontestan jagoan benua afrika Kamerun yang akan datang bersama jagoan sarat pengalaman Samuel Eto'o.

Grup B (Spanyol, Belanda, Chile, Australia)
Boleh saja perhatian utama di grup ini ada pada Spanyol dan Belanda sebagai pementas partai final di edisi terakhir piala dunia 2010.
Namun jangan lupakan Arturo Vidal dan Alexis Sanchez di tim Chile.
Bagaimana dengan Australia?
Meski sudah tidak segemerlap masa-masa Harry Kewell dan Mark Viduka, Australia tetap calon kuda hitam yang layak diwaspadai.
Ingat, Australia adalah runner up Piala Asia edisi terakhir, artinya mereka adalah salah satu jagoan asia, benua yang perkembangan sepakbolanya dianggap menunjukkan perkembangan pesat.

Grup C (Kolombia, Yunani, Pantai Gading, Jepang)
Penghuninya boleh saja tidak "semewah" grup lain tapi ini adalah grup yang seimbang.
Setelah absen di tiga gelaran sebelumnya, Kolombia tampaknya kini lebih menjanjikan kualitas dengan bintang-bintang yang tengah memasuki masa emas seperti Radamel Falcao.
Menarik juga menunggu performa macan asia Jepang bersama bintang-bintang eropanya seperti Shinji Kagawa, Keisuke Honda dan Yuto Nagatomo.
Pantai Gading akan menjadi jagoan afrika di grup ini dengan bintang-bintang seperti Didier Drogba, Kolo Toure dan Yaya Toure yang mungkin akan merasakan piala dunia terakhir mereka.
Tentu akan menjadi menarik menunggu sepak terjang mereka bersama bintang yang tengah memasuki puncak performa seperti Salomon Kalou dan Gervinho.
Yunani sekilas akan menjadi yang terlemah di grup ini. Tapi bukankah mereka menjadi juara piala eropa 2004 saat dianggap sebagai yang terlemah? Waspadalah

Grup D (Uruguay, Kosta Rika, Inggris, Italia)
Grup neraka seperti yang banyak disebutkan di media-media.
Anda akan melihat striker tajam seperti Luis Suarez, Wayne Rooney dan Mario Ballotelli berkumpul disini.
Masih kurang? di grup ini juga masih ada Edinson Cavani, Jack Wilkshere, Steven Gerrard, Andrea Pirlo dan kiper termahal di dunia Gianluigi Buffon.
Lalu dimanakah Kosta Rika?
Mereka adalah jagoan baru zona Concacaf yang memaksa tim sekelas Meksiko menjalani play off untuk lolos ke piala dunia.

Grup E (Swiss, Ekuador, Prancis, Honduras)
Prancis seperti menang lotere dengan grup ini.
Adakah dari Swiss, Ekuador, dan Honduras yang bisa menahan kehebatan talenta seperti Karim Benzema, Oliver Giroud, Paul Pogba dan salah satu pesepakbola terbaik saat ini Frank Riberry?
Well, jangan lupakan bagaimana klub jagoan Swiss, Basel menekuk raksasa Inggris Chelsea sebanyak dua kali di liga champion musim ini. Hubungannya?..Swiss berisikan punggawa inti dari Basel !!
Ekuador...hmmm..mereka punya Antonio Valencia dari Manchester United.
Honduras...sama seperti Kosta Rika, mereka "menyingkirkan" tim sekelas Meksiko ke babak play off.

Grup F (Argentina, Bosnia, Iran, Nigeria)
Juara dua kali piala dunia bersama pemain terbaik di dunia, Argentina bersama Lionel Messi. Bisa apa Bosnia, Iran dan Nigeria?
Jika melihat komposisi bintang, mungkin hanya Nigeria dengan Obafemi Martins dan Jon Obi Mikel nya yang bisa sedikit menyulitkan Argentina.
Wajarlah karena Bosnia adalah debutan di piala dunia yang bisa jadi hanya bergantung pada ketajaman Edin Dzeko di depan, kepiawaian Mirale Pjanic di lini tengah serta kehandalan Asmir Begovic di bawah mistar gawang.
Namun jangan lupakan bahwa di tahun 1998, Kroasia mengejutkan dunia sebagai debutan piala dunia yang langsung tembus ke babak semifinal.
Bagaimana dengan Iran? tim ini adalah jagoan di asia.
Cukup sampai disitu karena mereka belum bisa berkembang seperti Korea Selatan dan Jepang dalam kiprahnya di luar asia.

Grup G (Jerman, Portugal, Ghana, Amerika Serikat)
Selain grup D yang berisikan Italia, Uruguay dan Inggris, ini adalah salahsatu grup neraka di piala dunia 2014.
Tim spesialis turnamen Jerman dengan bintang bintang yang tengah matang seperti Mesut Oezil, Mario Goetze, Manuel Neuer dan Per Mertesacker diprediksi akan mencapai puncak performanya di brasil setelah hanya menjadi runner up di piala eropa 2008, semifinalis piala dunia 2010 dan piala eropa 2012.
Bicara mengenai puncak performa, ada satu nama di Portugal yang diprediksi sedang dalam puncak performanya...yah..Cristiano Ronaldo.
Bersama Nani, Pepe, Joao Moutinho dan Fabio Coentrao, Portugal tidak kalah garangnya dengan Jerman.
Saking banyaknya bintang di kedua tim, orang sedikit lupa bahwa Ghana adalah tim paling konsisten dari afrika saat ini.
Catatan dua kali ikut piala dunia dan selalu lolos dari fase grup.
Kali ini bersama Sulley Muntari dan Kevin Prince Boateng mungkin saja mereka bisa melangkah lebih jauh.
Drama yang lain adalah saat Amerika Serikat di bawah Jurgen Klinsmann mengadu taktik dengan mantan asistennya di Jerman Joachim Loew.
Klinsmann dianggap sebagai pionir yang mengubah gaya sepakbola Jerman bersama Loew di piala dunia 2006...manakah yang lebih unggul nantinya?

Grup H (Belgia, Aljazair, Rusia, Korea Selatan)
Belgia adalah kuda hitam paling ditakuti saat ini.
Perhatikan sederet bintang yang merata dari bawah mistar sampai line depan.
Belgia punya Simon Mignolet, Thibaut Courtouis, Vincent Company, Thomas Vermaeles, Marrouanne Fellaine, Eden Hazard, Kevin De Bruyne dan Romelu Lukaku.
Jika Rusia mengandalkan sang pelatih Fabio Capello, maka Korea Selatan sekali lagi akan mengandalkan bintang-bintang mereka yang berlaga di eropa semacam Song Heung Min yang tengah menggila bersama Bayer Leverkusen di Jerman.
Bagaimana dengan Aljazair? kehadirannya di piala dunia membuat tim afrika lain yang memiliki skuad lebih mewah seperti Senegal dan Mesir absen.
Well, cukup menjanjikan bukan?

Selamat menikmati tontonan sepakbola kelas dunia di piala dunia 2014 Brasil.

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. tahun ini bakal panas bangat pertandingannya
    Strategi pemasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan piala dunia kalo persaingannya tidak panas :)

      Hapus
  3. Apakah persiapan brasil sebagai tuan rumah piala dunia 2014 akan matang? semoga kita dapat melihat permainan kelas dunia yang menarik nantinya. Salam, Agen Bola

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari sisi persiapan tim sepakbolanya Brazil mungkin sudah setengah jalan siap dengan menjuarai piala konfederasi 2013, lain soal dengan persiapan sebagai tuan rumah (mungkin Brazil bukan termasuk penyelenggara terbaik sepanjang sejarah Piala Dunia)

      Hapus
  4. banyak yang menganggap enteng Aljazair padahal mereka di Piala dunia 2010 memberi kejutan dengan menahan imbang Inggris di fase grup dengan skor 0-0 .. Di piala dunia ini mereka memiliki bakat muda hebat seperti Ishak Belfodil yang selalu tampil maksimal di Internazionale Milano ... Piala dunia ini akan terasa panas persaingan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Mas, selain Aljazair, team-team dari Afrika tampaknya sudah lebih siap mengarungi turnamen besar. Tercatat sejak Kamerun lolos ke perempat final piala dunia 1990, tim dari Afrika makin disegani.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Fergie Time MU Menjadi Guardiola Time Di Tangan Man City