Madrid Kalah Dari Barcelona, Saatnya Berharap Pada Atletico Madrid Dan Valencia

Laga El Clasico Real Madrid menjamu musuh bebuyutannya Barcelona seharusnya menjadi titik balik persaingan perebutan gelar juara La Liga Spanyol musim ini. Tim asuhan Zinedine Zidane yang baru saja menjuarai Piala Dunia Antar Klub diharapkan meraih kemenangan untuk menipiskan selisih 11 poin dengan Barcelona yang memuncaki klasemen. Apa yang terjadi ternyata diluar dugaan. Real Madrid keok dengan skor telak 0-3.

Bukan menabur garam diatas kulit yang luka untuk mengatakan bahwa peluang Real Madrid berburu gelar juara La Liga musim ini sudah nyaris tiada. Barcelona memang belum menjuarai apapun lewat kemenangan atas Madrid namun mengingat tim yang dikalahkan adalah rival utama maka efek psikologis kemenangan tersebut sangat besar.

Madridista, sebutan untuk pendukung Real Madrid pasti bersedih dan kecewa atas kekalahan tersebut. Pun demikian rasanya dengan penggemar sepakbola netral khususnya fans La Liga Spanyol. Kekalahan Real Madrid membuat jarak El Real dengan Barca semakin melebar menjadi 14 poin. La Liga seakan sudah dimenangkan Barcelona karena Real Madrid sebagai tim yang paling diharapkan bisa menandingi Messi dkk tertinggal makin jauh.

Butuh setidaknya 4 kekalahan Barcelona dan sekali hasil imbang yang disertai kemenangan terus menerus dari Real Madrid agar bisa menyamai poin Barcelona saat ini. Sesuatu yang terasa sulit jika boleh dikatakan mustahil bila melihat kinerja Ernesto Valverde dalam membesut Messi dkk. Barcelona masih belum terkalahkan di La Liga Spanyol sampai 17 pekan berjalan. Sulit mengharapkan Real Madrid bisa mengejar Barcelona. Lupakan Ronaldo dkk, saatnya mengalihkan perhatian pada dua tim lain yang berpotensi menempel dan bersaing dengan Barcelona musim ini.

Dua tim yang dimaksud adalah Atletico Madrid dan Valencia. Keduanya berada di posisi dua dan tiga klasemen sementara di bawah Barcelona. Jarak poin keduanya dengan Barca memang masih cukup jauh namun percayalah bahwa dua tim ini masih lebih memiliki peluang untuk bersaing melawan Barcelona dalam perburuan gelar juara La Liga ketimbang Real Madrid.

Atletico Madrid dan Valencia bukan hanya sekedar dua tim di bawah Barcelona pada posisi di klasemen sementara. Keduanya juga merupakan tim yang memiliki aspek pertahanan dan penyerangan terbaik kedua setelah Barcelona alias lebih baik daripada Real Madrid. Who Scored (23/12/2017) mencatat Barcelona adalah tim dengan lini penyerangan terdahsyat (sudah mencetak 45 gol)  dan lini pertahanan terbaik di La Liga musim ini (baru kebobolan 7 gol). Nah, Atletico adalah tim dengan lini pertahanan terbaik kedua setelah Barcelona sedangkan Valencia adalah tim dengan lini penyerangan terbaik kedua setelah Messi dkk.


Statistik tersebut memperlihatkan kepantasan keduanya untuk bersaing bersama Barcelona mengejar titel juara La Liga musim ini. Barcelona sangat perkasa musim ini dengan belum terkalahkan dan sudah meraup 14 kemenangan serta 3 hasil seri. Bukan sebuah kebetulan bahwa saat Barcelona mencatatkan tiga hasil seri tersebut, dua diantaranya terjadi saat Messi dkk melawan Atletico Madrid dan Valencia. Sederhananya, Atletico dan Valencia adalah dua dari tiga tim (selain Celta Vigo) yang gagal dikalahkan Barcelona dalam 17 pekan yang sudah berjalan.

Catatan-catatan ini dapat menjadi pertimbangan untuk mendapuk keduanya sebagai pesaing sesungguhnya bagi Barcelona musim ini. Jangan lupakan bahwa sejak tahun 2000, hanya ada dua klub yang mampu menjadi juara La Liga di tengah hegemoni Real Madrid dan Barcelona. Dua klub itu adalah Valencia pada musim 2001/2002, 2003/2004 dan Atletico Madrid pada musim 2013/2014. Jadi bukan sebuah kejutan jika salahsatu diantara keduanya memuncaki La Liga di akhir musim nanti.

Real Madrid dengan segudang pemain bintang, pengalaman sebagai tim juara serta keberadaan pelatih jenius tentu masih memiliki peluang untuk bangkit dan mengejar Barcelona di sisa musim. Namun jika mau jujur, tim terdekat yang berpeluang menempel untuk bersaing ketat berburu gelar juara La Liga bersama Barcelona adalah Atletico Madrid dan Valencia. Setuju?

Tulisan Ini juga dimuat di UN News We Media
Sumber foto : Stadiosport.it dan therealchamps.com 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Fergie Time MU Menjadi Guardiola Time Di Tangan Man City