Harga Van Dijk Kemahalan Untuk Seorang Bek?



Entah apa yang ada dalam pikiran manajemen Liverpool kala memutuskan untuk mendatangkan Virgil van Dijk dari Southampton. Bek asal Belanda itu didatangkan The Reds dengan mahar yang memecahkan rekor transfer termahal untuk seorang pemain bertahan. Transfermarkt (30/12/2017) mencatat nilai transfer Van Dijk dari Southampton ke Liverpool adalah sebesar 78.8 juta euro. Angka ini mengalahkan nilai transfer termahal seorang bek yang sebelumnya dipegang Benjamin Mendy kala hijrah dari AS Monaco ke Man City di awal musim 2017/2018. Saat itu Mendy hengkang dari Ligue 1 ke Premier League dengan nilai kepindahan sebesar 57.5 juta euro.
Terdapat selisih 21.3 juta euro antara nilai transfer Van Dijk dan Benjamin Mendy dan ini menunjukkan betapa besar nilai transfer Van Dijk dari The Saints ke Liverpool. Pertanyaannya, pantaskah seorang pemain yang berposisi sebagai bek dihargai sedemikian mahal? Sebagai catatan, nilai transfer Van Dijk lebih besar dari harga yang dibutuhkan untuk transfer pemain non bek seperti James Rodriguez saat ke Real Madrid, Kevin De Bruyne ketika bergabung dengan Man City atau Edinson Cavani kala hijrah ke PSG.
Jawaban untuk kepantasan harga mahal Van Dijk sebagai seorang bek bisa beragam. Sebagai seorang pemain bertahan, Van Dijk sejatinya belum pernah berkesempatan membela klub besar sepanjang karir profesionalnya. Pemain yang memulai karir seniornya di klub Belanda Groningen ini (ingat yah Groningen dan bukan satu dari tiga tim elit Belanda seperti Ajax, PSV atau Feyenoord), baru mulai menunjukkan potensi sebagai bek hebat kala memperkuat raksasa Skotlandia Glasgow Celtic. Selama bermain disana, Van Dijk dicatat Soccerway (30/12/2017) berhasil dua kali memenangkan gelar juara Liga Skotlandia.
Catatan diatas dapat menjadi rujukan positif mengenai seberapa besar potensi Van Dijk sebagai bek tangguh yang layak bermain untuk klub besar. Tentu bagi yang menyangsikan Van Dijk tidak akan merasa cukup dengan catatan tersebut. Bagaimanapun tekanan saat bermain di Liga Skotlandia bersama Glasgow Celtic tidak sebanding dengan beban saat berkompetisi di Premier League Inggris bersama Liverpool nanti.


“Van Dijk pemain bagus, tapi dia sama sekali tidak berharga semahal itu” ujar mantan kapten timnas Inggris Alan Shearer mengomentari nilai transfer Van Dijk seperti dilansir dari Football365 (28/12/2017). Rasanya apa yang dikatakan Shearer tepat. Virgil van Dijk tidak bisa dipungkiri adalah salahsatu bek terbaik di Liga Inggris saat ini namun menghargainya sedemikian mahal pun terlalu berlebihan. Pemain berusia 26 tahun ini belum benar-benar teruji.
“Southampton mematok harga Van Dijk sesuka mereka karena tahu Liverpool sedemikan putus asanya butuh bek tengah” lanjut Shearer mengutarakan kemungkinan yang menyebabkan transfer Van Dijk dari Southampton ke Liverpool bernilai terlalu mahal. Sederhananya, dimata Shearer Liverpool tampak sedang melakukan pembelian panik.
Apakah keputusan Liverpool mendatangkan Van Dijk akan berbuah manis? Tentu kita masih harus menunggu kiprah pemain yang memiliki tinggi badan 193 cm itu saat berkostum Liverpool nanti. Sebagai catatan, Van Dijk bukanlah pemain pertama dari Southampton yang datang ke Anfield. Rekam jejak pemain-pemain The Saints yang berkiprah di Liverpool patut dicermati untuk memperkirakan kinerja Van Dijk nanti.
Transfermarkt (30/12/2017) mencatat sejak 2014 selalu terjadi kepindahan pemain Southampton berganti kostum Liverpool. Sebut saja nama-nama Dejan Lovren, Adam Lallana, Rickie Lambert, Nathaniel Clyne dan Sadio Mane. Dari nama-nama tersebut secara umum bisa dikatakan hanya Lallana, Clyne dan Mane yang mampu unjuk gigi dengan kostum Liverpool. Bagaimana dengan Lovren? Ah, anda tentu tidak lupa saat pemain ini ditarik keluar sebelum babak pertama usai karena dianggap gagal mencegah dua gol Tottenham Hostpur ketika Liverpool dibantai Harry Kane dkk. Lovren masih cukup beruntung karena masih bertahan di Anfield karena Rickie Lambert bahkan hanya bertahan semusim.


Nah, akan jadi seperti yang mana Virgil van Dijk nanti? Satu hal yang pasti, bek asal Belanda tersebut akan menjadi sorotan penggemar sepakbola dunia terkait statusnya sebagai bek termahal dunia. Satu blunder dan kecerobohan di lini belakang bisa menjatuhkan mental Van Dijk jika dirinya tidak siap menanggung beban sebagai andalan baru Liverpool di lini pertahanan. Sebaliknya, kontribusi gelar juara akan membungkam keraguan pada Van Dijk.
Untuk itu, tidak ada salahnya Van Dijk menyimak komentar bek legendaris Liverpool, Jamie Carragher mengenai hal tersebut. “Van Dijk adalah bek tengah kelas dunia. Orang-orang menilai harga transfernya lebih cocok untuk penyerang tapi jika dia mampu tampil oke dan melakukan tugasnya dengan baik maka harga itu pantas-pantas saja” ujar Carragher seperti dilansir dari Sky Sports (28/12/2017). “ Yang harus dilakukan Van Dijk adalah membawa Liverpool meraih trofi juara dan menjadi bek tengah nomor satu Liverpool untuk 10 tahun kedepan atau lebih” lanjut Carragher.
Ya, sebelum Van Dijk berhasil membuktikan diri maka suara-suara yang mempertanyakan apakah pantas seorang bek dihargai sedemikian mahal akan terus bermunculan. Cara terbaik membungkam suara-suara itu adalah dengan memberikan kontribusi gelar juara dan Van Dijk tentu paham hal ini.

Tulisan ini juga dimuat di UC News We Media
Photo by worldsoccer.com, gettyimages.com, standard.co.uk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Fergie Time MU Menjadi Guardiola Time Di Tangan Man City