Tidak ada "Like father Like Son" dalam Sepakbola

Hasil gambar untuk johan cruyff and jordi cruyff
Dunia sepakbola seringkali mengenal seorang pemain bukan karena kehebatan permainannya tetapi lebih karena embel-embel namanya yang mengingatkan orang pada seorang pemain sepakbola yang hebat dan terkenal.
Sebut saja Jordy Cruyf, Kasper Schmeichel dan Diego Armando Maradona Jr.
Anda kenal nama-nama ini karena kehebatan bermainnya atau karena embel-embel namanya?

Digadang-gadang bakal meneruskan kehebatan sang ayah Johan Cruyf, awalnya karir Jordi Cruyf terlihat menjanjikan dengan bergabung ke Manchester United.dari Barcelona.
Namun yang terjadi sinarnya tidak kunjung muncul dan tenggelam di tengah nama besar sang ayah.
Alhasil Jordy Curyf tidak pernah benar-benar menjadi seorang bintang lapangan hijau seperti ayahnya Johan Cruyf yang melegenda di Belanda dan Barcelona.

Nama Berikutnya adalah Kasper Schemeichel.
Hasil gambar untuk kasper schmeichel
Mulai dikenal beberapa saat setelah pensiunnya sang ayah Peter Schemeichel sebagai salah satu kiper legendaris asal Denmark yang pernah ada dalam sejarah sepakbola, Kasper justru lebih dikenal karena sempat membela Manchester City, klub sekota Manchester Uniter tempat sang ayah merintis jalan menjadi legenda sepakbola.
Penampilannya yang belum maksimal menjadikan namanya tidak kunjung muncul dipermukaan bahkan untuk level timnas Denmark. Apalagi kemudian pesaingnya di bawah mistar gawang seperti Thomas Sorensen dan Anders Lindegard terlihat lebih menjanjikan rasa aman di lini belakang.

Contoh selanjutnya adalah Diego Armando Maradona Jr.
Mudah sekali mengenalinya sebagai anak dari seorang legenda sepakbola dunia Diego Maradona. Namun publik hanya mengenalnya sebatas itu saja.
Pilihannya untuk berkostum Napoli rupanya tidak serta merta mentransfer kebintangan sang ayah kedirinya. Jadilah Diego Jr hanya bisa gigit jari melihat publik justru menjustifikasi Lionel Messi sebagai "keturunan" sesungguhnya dari Diego Maradona.

So, cerita diatas menunjukkan bahwa ikatan DNA tidak selamanya mengantarkan keahlian dari sang ayah kepada anaknya.
Masih bisa diperdebatkan memang bila melihat generasi Cesare Maldini di AC Milan dilanjutkan keperkasaan anaknya Paolo Maldini.
Menarik menunggu apakah anak Zinedine Zidane, Enzo Zidane dan anak Paolo Maldini, Christian Maldini bisa secemerlang ayahnya.

Komentar