Belanda Memang Tidak Pantas Lolos Ke Piala Dunia 2018

Hasil gambar untuk belanda gagal ke piala dunia
Mendapati Belanda tidak tampil dalam sebuah turnamen besar sesungguhnya bukan satu pemandangan aneh. Tim Oranye pernah gagal lolos ke Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea. Aib terakhir Belanda yang gagal lolos ke turnamen besar adalah saat Robben dkk tidak mampu menembus ke Piala Eropa 2016 di Prancis. Mundur ke belakang, Belanda bahkan pernah tiga kali beruntun gagal lolos ke turnamen besar pada Piala Dunia 1982, Piala Eropa 1984 dan Piala Dunia 1986. Nah, dengan Belanda kini diujung tanduk tidak akan lolos ke Piala Dunia 2018, masihkan kita meratapi ketidakhadiran Belanda di Rusia tahun depan?
Belanda memang menang 3-1 atas Belarusia tetapi kemenangan besar 8-0 Swedia atas Luksemburg membuat Marcus Berg dkk memiliki selisih 19 gol lebih banyak dari Belanda (7 gol). Dengan Swedia memiliki keunggulan 3 poin dari Belanda, pertemuan keduanya pada laga pamungkas kualifikasi Piala Dunia Grup A di kandang Belanda 10 Oktober 2017 nanti mewajibkan tim asuhan Dick Advookat menang dengan selisih gol sangat besar. Skor minimal 7-0 atau selisih 7 gol harus didapatkan Robben dkk untuk sekedar mengamankan tiket Play Off. Menilik lawan yang dihadapi adalah Swedia, jelas ini bukan pekerjaan mudah kalau tidak ingin dikatakan mustahil. Belanda sudah diambang pintu gagal lolos ke Piala Dunia Rusia 2018.
Terakhir kali Belanda mampu menang dengan selisih 7 gol adalah saat memainkan laga kualifikasi Piala Dunia 2014 pada 12 Oktober 2013 alias sekitar 4 tahun yang lalu. Kala itu Belanda menang 8-1 atas Hungaria. Tolong jangan jadikan ini sebagai pegangan bahwa Belanda nantinya bisa menundukkan Swedia dengan skor ajaib karena level Hungaria jelas berada dibawah Swedia.
Swedia tentu tim yang lebih baik daripada Hungaria bahkan Belanda saat ini. Keberhasilan Swedia menang besar 8-0 atas Luksemburg dan kemenangan Belanda atas Belarusia "hanya" dengan skor 3-1 sejatinya menjadi kunci mengapa peluang Belanda lolos ke Piala Dunia berada diujung tanduk. Pada lawan yang sama, Swedia dan Belanda dua kali menang atas Luksemburg. Total Swedia memasukkan 9 gol dan tidak kebobolan sama sekali. Adapun Belanda mencetak 8 gol dan kemasukan 1 gol. Belanda kalah produktivitas lini serang dan ketangguhan lini pertahanan disini.
Ketidakmampuan Belanda mengalahkan produktivitas gol Swedia tercermin pada laga melawan Belarusia. Pada lawan yang sama ini, Swedia dua kali menang 4-0 alias memasukkan 8 gol tanpa kebobolan. Belanda? Robben dkk memang sanggup dua kali menang namun catatan gol mereka kalah fantastis dari Marcus Berg dkk. Belanda mencetak 7 gol dan kebobolan 2 gol atas Belarusia. Anda bisa melihat bahwa pada lawan yang sama Swedia lebih tajam di depan dan lebih tangguh di belakang daripada Belanda.
Hasil gambar untuk belanda gagal ke piala dunia
Belanda bahkan nyaris saja ditahan imbang Belarusia meski Tim Oranye bermain sangat dominan sepanjang laga. Anak asuh Dick Advookat menguasai 59% penguasaan bola yang berujung pada 23 lesakan tendangan dimana 9 diantaranya mencapai sasaran. Pada kondisi dominan tersebut Belanda hanya unggul satu gol dibabak pertama dan disamakan Belarusia pada menit ke 55 babak kedua. Belanda memperpanjang napas jelang laga berakhir berkat hadiah penalti di menit 84 dan gol di masa injury time. Susah payah mengalahkan Belarusia dan benar-benar tidak menggambarkan tim yang pantas berlaga di ajang sebesar Piala Dunia.
Belanda tidak sanggup bersaing dengan kompetitor utama mereka di kualifikasi Piala Dunia 2018 grup A. Belanda kalah dua kali saat bertemu Prancis dan pada pertemuan pertama dengan Swedia hanya sanggup bermain imbang. Belanda bahkan sempat kalah 0-2 dari Bulgaria, tim yang diatas kertas harusnya bisa mereka tundukkan. Di sisi lain, Swedia sempat unjuk kemampuan dengan menaklukkan Prancis 2-1.
Dengan misi mustahil yang diusung Belanda nanti, rasanya sudah saatnya mengucapkan selamat tinggal bagi Belanda. Tiga kali Runner Up Piala Dunia ini memang tidak cukup pantas berada di jajaran tim-tim terbaik yang akan berlaga di turnamen sepakbola terbesar di dunia tahun depan. Piala Dunia Rusia tidak akan melihat sosok sekelas Arjen Robben, Memphis Depay, Daley Blind dan Georginio Wijnaldum tapi memang mereka tidak pantas berada di Rusia dengan penampilan yang tidak lebih baik daripada Prancis bahkan Swedia.

Sumber foto bola.okezone.com dan football5 star.com



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Fergie Time MU Menjadi Guardiola Time Di Tangan Man City