Bukan Mourinho Atau Guardiola, Manager Terbaik Saat Ini Adalah Carlo Ancelotti

Keberhasilan Bayern Muenchen menjuarai Bundesliga Jerman cukup mengobati luka mereka yang tersingkir menyakitkan dari ajang Liga Champions setelah ditundukkan Real Madrid pada fase perempat final.
Muenchen juga menjadi tim yang secara fenomenal merajai Liga Jerman selama 5 musim beruntun yang artinya sejak 2013 tidak ada tim yang mampu menahan Arjen Robben dkk menjadi tim terkuat di Jerman.
Torehan gelar juara Bayern Muenchen juga berarti banyak bagi Carlo Ancelotti.
Kesuksesan Don Carlo mengantarkan Neuer dkk merengkuh trofi juara Bundesliga mengukuhkan pria asal Italia tersebut sebagai salahsatu manajer tersukses di Eropa bahkan dunia dalam rentang waktu satu dekade ini.

Ancelotti adalah satu dan beberapa manager saja yang mampu memenangkan trofi juara liga domestik di liga utama Eropa seperti Liga Italia, Liga Inggris, Liga Spanyol dan Liga Jerman.
Mantan manager AC Milan itu memang belum pernah memenangkan trofi La Liga Spanyol saat menukangi Real Madrid, namun Don Carlo memenangkan titel juara Liga Inggris bersama Chelsea dan Liga Jerman bersama Bayern Muenchen.
Hebatnya lagi, titel-titel itu diraih dalam rentang waktu satu dekade terakhir disaat banyak bermunculan manager-manager baru yang potensial seperti Antonio Conte, Diego Simeone, Laurent Blanc, Juergen Klopp dan manager-manager lama yang hebat seperti Arsene Wenger dan Jose Mourinho masih aktif.
Di luar Liga Inggris dan Liga Jerman, Don Carlo juga sudah memenangkan titel Scudetto Liga Italia bersama AC Milan dan Ligue 1 Prancis saat menangani PSG.
Tambahkan lagi 3 gelar Liga Champions yang dimenangkannya dua kali bersama Milan dan terakhir kali bersama Real Madrid.
Deretan gelar tersebut semakin mengukuhkan Ancelotti sebagai salahsatu manager terbaik di Eropa bahkan dunia saat ini.
Rasanya dalam satu dekade ini, jika acuannya adalah koleksi gelar liga domestik di liga utama Eropa dan trofi Liga Champions maka hanya Jose Mourinho dan Pep Guardiola yang bisa disejajarkan dengan Don Carlo.

The Special One sudah memenangkan titel Serie A bersama Inter Milan, juara Liga Inggris bersama Chelsea dan juara La Liga saat menangani Real Madrid.
Mourinho juga sudah memenangkan dua trofi Liga Champions bersama Porto Portugal dan Inter Milan.
Catatan yang tidak berbeda jauh dengan raihan Pep Guardiola yang memenangkan Liga Spanyol bersama Barcelona dan Bundesliga bersama Muenchen.
Meski terpuruk di musim perdananya menjajal Liga Inggris, Pep masih dipandang sebagai manager hebat berkat raihan 2 trofi Liga Champions bersama Barcelona.
Siapa yang hebat diantara mereka bertiga?
Jika rujukannya adalah trofi Liga Domestik dan Liga Champions maka Ancelotti dan Mourinho nyaris setara.
Ancelotti memenangkan Liga Italia, Liga Jerman, Liga Inggris serta 3 trofi Liga Champions, tambahkan Liga Prancis di dalamnya.
Mourinho memenangkan Liga Italia, Liga Spanyol dan Liga Inggris serta 3 trofi Liga Champions, tambahkan Liga Portugal di dalamnya.
Pep mengkoleksi trofi La Liga Spanyol dan Bundesliga serta 2 trofi Liga Champions.
Anda tentu punya penilaian sendiri.


Komentar